Kenang Jasa Pahlawan, Peziarah Ramai Datangi TMP Kalibata

TMP Kalibata

Indonesiainside.id, Jakarta – Sejumlah peziarah silih berganti mendatangi Taman Makam Pahlawan Nasional Utama (TMPNU) Kalibata, Kota Jakarta Selatan untuk mengenang jasa pahlawan pada momentum peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia, Senin.

Pada hari kemerdekaan ini TMPNU Kalibata telah dibuka sejak 06.30 WIB sampai pukul 18.00 WIB, menerima peziarah yang datang dari berbagai kalangan, baik komunitas, warga umum, kerabat, serta keluarga pahlawan.

Menurut Kasi Pemakaman TMPNU Kalibata, Dedy Prasetyo peringatan HUT Kemerdekaan di taman pahlawan pada tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya, di mana para pengunjung yang datang wajib menerapkan protokol kesehatan.

“Perbedaannya sekarang yang berkunjung wajib patuhi protokol kesehatan, hanya itu saja. Pengunjung boleh berziarah asal mematuhi aturan itu,” kata Dedy.

Dedy mengaku, pihaknya tidak membatasi jumlah peziarah yang datang. Jika peziarah datang dalam jumlah lebih dari 10 orang, maka diwajibkan untuk dipandu, supaya tetap mematuhi protokol kesehatan agar tidak bergerombol saat berada di pemakaman.

Tradisi setiap 17 Agustus, peziarah yang datang selain dari pihak keluarga para pahlawan yang dimakamkan, juga terdapat komunitas-komunitas yang melakukan napak tilas dalam rangka mengucap syukur atas kemerdekaan dengan mendatangi makam para pahlawan untuk didoakan.

“Hari ini ada beberapa komunitas yang sudah datang berziarah, semuanya kita pandu oleh petugas yang sudah kita siapkan,” kata Dedy.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here