8.000 Personel DKI Dikerahkan Untuk Grebek Lumpur

Indonesiainside.id, Jakarta – Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta mengerahkan 8.000 personel di lima wilayah Kota Administratif Jakarta, sebagai pelaksana program “Grebek Lumpur” agar terhindar dari parahnya genangan air yang biasa terjadi setiap tahun.

“Total sekitar 8.000 personel, karena di musim panas ini, kami terus melaksanakan kegiatan-kegiatan pengerukan lumpur di semua wilayah. Tujuannya menambah kapasitas dan ketika hujan, daya tampungnya menjadi lebih besar sehingga genangan air bisa dikurangi,” kata Kepala Dinas SDA DKI Jakarta, Juaini Yusuf, saat peninjauan pengerukan lumpur di Kali Adem, Penjaringan, Jakarta Utara, Rabu.

Juaini mengatakan program ini sendiri sudah berjalan sejak April 2020 dengan sasaran endapan lumpur yang ada di kali, waduk, saluran mikro dan makro yang ada di lima wilayah kota.

Lebih lanjut, Juaini mengatakan program Grebek Lumpur akan terus dilakukan sampai akhir tahun dengan sasaran 13 sungai di lima wilayah kota.

Ia memberikan contoh, pengerukan lumpur di Kali Ciliwung segmen Kampung Melayu sampai Jembatan Tongtek sepanjang 5,3 kilometer di Jakarta Timur. Kemudian pengerukan Kali Ciliwung di segmen Jembatan Tongtek sampai Pintu Air Mangarai sepanjang 2,7 kilometer di Jakarta Selatan.

Selanjutnya, pengerukan di Kali Kanal Banjir Barat (KBB) segmen Pintu Air Karet sampai Jembatan Roxy sepanjang 13,9 kilometer di Jakarta Pusat. Lalu pengerukan di kali KBB segmen Jelambar sampai Season City sepanjang 1,5 kilomter di Jakarta Barat.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here