Penataan Kampung Akuarium Direncanakan Selesai Desember Tahun Depan

Kampung Akuarium
Penataan Kampung Akuarium oleh Pemprov DKI melibatkan warga dan komunitas. Foto: Dok Pemprov DKI

Indonesiainside.id, Jakarta – Pembangunan Kampung Susun Akuarium, yang berada di Kelurahan Penjaringan, Jakarta Utara, direncanakan rampung pada Desember 2021. Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman DKI, Sarjoko, mengatakan bahwa pada pengerjaan tahap awal ini, akan dilakukan reposisi shelter sementara yang selama ini menjadi tempat tinggal warga Kampung Akuarium.

“Bulan ini kami akan melakukan reposisi shelter, diikuti persiapan lahan pada bulan September. Sehingga pada bulan Oktober, proses konstruksi bisa dimulai,” ujarnya di Jakarta, Jumat (21/8).

Ia memaparkan, di atas tanah seluas 10.384 meter persegi akan dibangun 5 blok yang masing-masing setinggi 4 lantai. Pembiayaan atas kewajiban pengembang dilaksanakan oleh PT Almaron Perkasa sesuai Pergub 112 tahun 2019 tentang Tata Cara Pemenuhan Kewajiban Pembiayaan dan Pembangunan Rumah Susun Murah/Sederhana melalui Konversi oleh Para Pemegang Izin Pemanfaatan Ruang.

“Kami harap proses ini bisa berjalan sesuai rencana. Kalau bisa, seperti arahan Pak Gubernur, selesai lebih cepat agar warga segera bisa menempati hunian yang layak, sehat, dan sesuai impian mereka, karena sejak awal mereka dilibatkan langsung dalam proses desain,” paparnya.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengatakan bahwa pembangunan Kampung Akuarium ini akan menjadi percontohan dan pelopor kampung urban/perkotaan. Hal tersebut diungkapkan setelah kegiatan peletakan batu pertama pembangunan Kampung Susun Akuarium, Senin (17/8).

“Insya Allah apa yang dikerjakan di tempat ini akan diteruskan di tempat-tempat lain yang sudah masuk dalam rencana kita (penataan 21 kampung). Karena itu, apa yang dikerjakan di tempat ini akan menjadi tonggak baru penataan kampung di seluruh Indonesia,” kata Anies di lokasi saat itu. (RAM)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here