HOAX

Foto: Fajar.co.id

Era informasi berbasis internet ini, berbagai produk turunannya cukup beragam. Pengguna internet dimanjakan dengan mudahnya ber-interaksi dengan dunia luar, yang kasat mata maupun yang maya. Tapi tetap saja factor manusia menjadi utama. Bijaklah sebelum bertindak.

Indonesiainside.id, Jakarta — Media cetak konvensional punya produk berupa koran, tabloid, dan majalah, media berbasis internet punya beragam produk. Antara lain, media online yang tersaji melalui koneksi internet. Masuk dalam kategori ini adalah email, blog, website, media sosial, serta aplikasi chatting (WhatsApp, Line, Telegram, dan sejenisnya).

Media online secara mudah bisa kita dapatkan dalam bentuknya dot.com. Ini adalah jenis media yang memuat beragam informasi dengan suatu domain tertentu. Google, Yahoo, Facebook, dan portal-portal berita adalah diantaranya.

Adapun media sosial merupakan bagian dari media online yang berfungsi sebagai forum online untuk berbagai keperluan interaksi sosial dan bisnis, melibatkan orang-orang tanpa batas wilayah atau negara tertentu. Siapa pun bisa memanfaatkan media sosial untuk segala keperluan, termasuk pencitraan diri.

Para politikus, artis, dan orang-orang yang hendak mempopulerkan diri umumnya menggunakan media ini, agar dikenal sampai mancanegara. Di musim pemilu dan pilkada misalnya, media online dalam berbagai ragamnya akan bermunculan untuk kepentingan pencitraan. Media sosial yang banyak digunakan di Indonesia, antara lain, Blog, Twitter, Facebook, Linkedin, Youtube, Google Plus, serta Flickr.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here