Aceh Disebut Sarang Kadrun, Ini Pelecehan!

2. Perspektif Mata Manusia

Berbeda halnya dengan jenis perspektif yang pertama, perspektif ini menggunakan cara pandang dengan melihat sejajar objek yang dituju, sehingga dengan cara tersebut dapat mempermudah menggambarkan sebuah keadaan yang sebenarnya.

3. Perspektif mata cacing

Cara pandang ini dapat dilakukan dengan melihat objek dari bawah, sehingga dengan cara tersebut dapat menghasilkan sudut pandang yang berkesan dramatis.

Dari ketiga jenis pengertian perspektif di atas, kita bisa menarik benang merah bahwa setiap orang pasti punya cara tersendiri dalam melihat sebuah objek. Masing-masing cara pandang tersebut akan menghasilkan pendapat mengenai objek yang berbeda-beda pula.

Perspektif seseorang juga dapat mempengaruhi perilaku hingga gaya hidup seseorang menjadi lebih baik atau bahkan lebih buruk.

Sementara dalam sosiologi, perspektif dibagi menjadi 4 yakni perspektif evolusionis, perspektif interaksionis, perspektif fungsionalis dan perspektif konflik.

– Perspektif evolusionis yakni pandangan menitik beratkan pada pola perubahan masyarakat atau dinamika sosial.

– Perspektif interaksionis yakni pandangan tentang masyarakat dari interaksi simbolik yang terjadi di antara individu dan kelompok masyarakat.

– Perspektif fungsionalis, pandangan yang melihat masyarakat dianggap sebagai sebuah jaringan teroganisir yang masing-masing mempunyai fungsi.

– Perspektif konflik yakni pandangan tentang masyarakat berada dalam konflik yang terus-menerus di atara kelompok atau kelas.

Gambar Perspektif
Perspektif juga digunakan dalam seni rupa. Salah satunya adalah gambar perspektif.

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here