Emrus Sihombing: Reuni 212 Dapat Menjadi Role Model

Reuni 212 yang berlangsung tertib dan aman, 2 Desember 2018.

Pengelolaan kegiatan akbar yang dihadiri jutaan umat Islam tersebut tak terlepas dari kohesivitas dan kolektivitas berbagai pihak. Apa saja unsur yang mendasarinya?

Indonesiainside.id, Jakarta – Aksi Damai Reuni 212 berhasil menyampaikan pesan persatuan dan Islam Rahmatan lil Alamiin ke seluruh dunia, khususnya untuk masyarakat Indonesia.

Direktur Eksekutif Lembaga Emrus Corner Emrus Sihombing mengatakan, kendati sebagian anggota masyarakat menilai bermuatan politik atau tidak bermuatan politik terhadap pelaksanaan Reuni 212, ia berpendapat kegiatan ini berlangsung baik, tertib, aman, dan teratur, sekalipun diikuti oleh banyak peserta.

“Selintas saya berdiam dan berfikir, mengapa tidak proses perencanaan dan pelaksanaan Reuni 212 ini dibuat menjadi role model dalam mengelola ketika melakukan kumpul-kumpul sejumlah anggota masyarakat di satu tempat terbuka, baik dalam bentuk reuni seperti ini ke depan, silahturahmi politik, konser, perayaan pergantian akhir tahun, penyampaian aspirasi dan sebagainya yang mengikutsertakan anggota masyarakat dalam jumlah banyak,” kata Emrus dalam keterangan pers yang diterima Indonesia Inside, Senin (3/12).

Lebih lanjut ia menjelaskan, pelaksanaan Reuni 212 sangat baik. Pengelolaan yang baik tersebut tidak lepas dari kerja sama sangat produktif antara panitia dengan berbagai pihak terkait, utamanya dengan aparat keamanan (dalam hal ini kepolisian), pemerintah daerah dan media massa.

“Jadi, setidaknya ada empat unsur penting sehingga pelaksanaan Reuni 212 berjalan lancar, yaitu pantia, aparat keamanan, pemerintah daerah dan media massa,” ujarnya.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here