Penurunan Intensitas Kehadiran Anggota DPR Perlu Dimaklumi

Source: Viva

Kesibukan caleg petahana DPR mendongkrak elektabilitas menyongsong Pemilu Legislatif 2019, berimbas pada menurunnya intensitas kehadiran mereka di parlemen.

Indonesiainside.id, Jakarta: Wakil Ketua DPR Fadli Zon menyadari penurunan intensitas kehadiran anggota DPR, khususnya menjelang tahun politik 2019. Fadli menyebut hal itu wajar, karena semua caleg petahana di DPR disibukkan kegiatan untuk mendongkrak elektoral.
“Ini saya kira yang perlu dimaklumi juga. Ini terjadi di semua partai politik,” beber Fadli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin, 3 Desember 2018.

Ia menyebut, banyak pekerjaan rumah para legislator yang harus dilalukan. Sebab tak sedikit dari mereka yang mencalonkan diri di pileg 2019. Selain tugas di DPR, mereka juga diwajibkan melakukan kampanye untuk mendongkrak elektabilitas di daerah pemilihan (dapil).

“Saya kira pasti akan terjadi penurunan intensitas, karena ada banyaknya kegiatan di dapil kan sekaligus kampanye,” jelas Fadli.

Pun demikian, ia menampik terjadi gangguan pada kinerja DPR. Sebab tingkat kehadiran tak berbanding lurus dengan kinerja. Buktinya, fungsi pengawasan dan penganggaran sebagai tugas pokok masih berjalan.

Ia mencontohkan pengesahan Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Serah Simpan Karya Cetak dan Karya Rekam (SSKCKR). Hal itu telah diundangkan pada Rapat Paripurna ke-9 masa persidangan II di Kompleks Parlemen hari ini.

“Kerja DPR bukan hanya legislasi, tapi juga pengawasan dan budgeting. Saya kira hal-hal yang penting tidak ada yang terganggu,” sebutnya.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here