Buah Ucapannya, Basarah Dipolisikan

Source: Detik

Enam hari setelah melontarkan pernyataan kontroversial yang menyebut  mantan Presiden RI Ke-2 Soeharto sebagai guru korupsi di Indonesia, Ahmad Basarah dilaporkan ke polisi. Ucapannya dinilai asal jeplak, tanpa data dan fakta

Indonesiainside.id, Jakarta — Sejumlah masyarakat yang mengatasnamakan Masyarakat Pengagum Soeharto melaporkan Wakil Sekretaris Jenderal PDI-P Ahmad Basarah ke Sentra Kepolisian Pelayanan Terpadu Polda Metro Jaya (SPKT PMJ). Basarah dilaporkan atas dugaan tindak pidana penghinaan dan penyebaran berita bohong (hoaks).

Pelapor Rizka Prihandy menuturkan, alasan pelaporan terhadap Ahmad Basarah karena kekecewaan pihaknya atas sikap dan perkataan Basarah yang langsung menyerang pribadi Soeharto, seorang Bapak Bangsa.

“Menurut kami, ucapan Ahmad Basarah asal jeplak karena sampai saat ini belum ada putusan (hukum) tentang Pak Harto. Dengan kata lain, semua tuduhan yang selalu dibangun melalui opini publik oleh kelompok atau partai lawan politik Pak Harto sampai saat ini belum terbukti,” ujarnya kepada Indonesiainside.id, Selasa (4/12).

Surat tanda terima laporan tercatat di SPKT PMJ dengan nomor TBL/6606/XII/2018/PMJ/Dit.Reskrimum, dengan dugaan pelanggaran terhadap Pasal 156 KUHP Pasal 14 ju Pasal 15 UU RI No 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana atas penghinaan dan penyebaran berita bohong (hoaks).

Kendati Polda Metro Jaya menangani ribuan laporan lainnya, Rizka memercayakan potensi hukumnya dapat dilakukan secara adil dan sesuai kaidah hukum yang baik dan benar.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here