Cara Prabowo Dipandang Efektif Hadapi KKB Papua

Source: Merdeka.com

Penembakan terhadap 31 karyawan PT Istaka Karya oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Nduga, Papua, menunjukkan aksi KKB terus berulang tanpa bisa diatasi tuntas. Di era Pemerintahan Soeharto, penanganannya dinilai lebih baik.

Indonesiainside.id, Jakarta: Sekretaris Jenderal Gerindra Ahmad Muzani menilai, Pemerintah perlu meniru Prabowo Subianto di era Presiden Soeharto, terkait penanangan masalah Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua. Kala itu, tahun 1996, Prabowo yang sebagai Danjen Kopassus berhasil membebaskan sandera di Mapenduma, Papua.

“Dahulu waktu zaman Pak Prabowo (Danjen Kopassus) orang diculik kok di Mapenduma. Yang diculik adalah WNA, kemudian Pak Prabowo turut membebaskan penculikan-penculikan itu, dan berhasil,” kata Muzani di kompleks parlemen, Jakarta, Rabu 5 Desember 2018.

Menurutnya keberhasilan itu bisa terjadi karena Prabowo melakukan pendekatan secara menyeluruh. Sehingga penanganan tak hanya tegas di satu sisi. Win-win solution bisa diberikan dalam menuntaskan kasus ini.

“Saya kira contohlah dari para senior, agar satu tindakan militer itu berhasil,” beber Muzani.

Ia berharap, pendekatan bisa dilakukan pemerintah dalam menyikapi insiden penembakan pekerja di sana. Namun pesan Muzani, jangan sampai pendekatan malah menimbulkan masalah baru di Bumi Cendrawasih itu.

Muzani menekankan arahan Presiden Soeharto kepada Prabowo saat itu. Misalnya kehendak semua pihak yang dibicarakan secara baik-baik. Dicarikan solusi yang bisa mengakomodir. Hal yang sama juga dipraktekkan saat pemerintah menghadapi Gerakan Aceh Merdeka (GAM).

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here