Anies Baswedan : Keunikan Indonesia Itu Pada Persatuannya

Didepan mahasiswa UNY Yogyakarta, Minggi 9 /11/2018 Anies Baswedan, yang juga Gubernur DKI Jakarta, mengatakan, selama ini kita banyak menganggap keunikan Indonesia itu ada pada keberagaman atau kebhinnekaan. Namun sebernarnya tidak demikian. Kebhinnekaan itu sudah ada dan tidak bisa dipungkiri. Sedang keunikan Indonesia itu ada pada persatuannya.

Indonesiainside.id, Jakarta — Gubernur DKI Jakarta Raya Anies Baswedan menyatakan, keunikan Indonesia sebenarnya bukan terletak pada kebhinnekaannya tetapi justru pada persatuan.

Menurutnya, banyak negara mempunyai keberagaman atau kebhinnekaan sebagaimana yang dimiliki Indonesia selama ini. Namun, keberagaman itu merupakan hal alami sehingga tidak dapat dimungkiri dan akan terus terjadi.

Berbagai keberagaman itu, menurutnya, dapat dijaga dan dipersatukan sehingga negara Indonesia ada. “Jadi menurut saya, keunikannya itu ada pada persatuan,” kata Anies di depan peserta Panel Forum Refleksi Kepahlawanan AR Baswedan, di kampus Universitas Negeri Yogyakarta, Minggu, 9 Desember 2018.

Dalam perjalanan sejarah, cukup banyak bukti terjadi pertentangan atau pergulatan yang seru. Namun kemudian tidak menimbulkan perpecahan karena persatuan itu yang terjaga. Karena itu, lanjut Anies, Indonesia harus terus mempertahankan keunikan ini yakni dengan menjaga persatuan.

AR Baswedan adalah kakek Anies Rasyid Baswedan. Mantan Wakil Menteri Penerangan, jurnalis dan diplomat serta pendiri Partai Arab Indonesia.

Pada kesempatan itu, Anies bercerita banyak mengenai kakeknya yang berputera 11 orang dan lebih dari 70 orang cucu.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here