Perlu Perbaikan Pengelolaan e-KTP

Foto : Nasional Tempo.co

Kasus tercecernya Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) di Jakarta Timur, bukan yang pertama. PKS minta Kementerian Dalam Negeri melakukan perbaikan.

Indonesiainside.id, Jakarta — Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera menilai tak ada yang kebetulan dalam insiden seputar e-KTP, mulai tercecer hingga dijual secara online. Kementerian Dalam Negeri dituntut melakukan audit terkait hal ini.

“Kelalaian yang berulang menjadi indikasi ada yang perlu diperbaiki,” kata Mardani di Jakarta, Senin (10/12/18).

Menurutnya, insiden terkait e-KTP butuh penjelasan yang transparan. Karena hanya dengan cara itu, permasalahan bisa dicarikan solusinya. Jangan ada yang disembunyikan, apalagi dimanipulasi.

Misalnya terkait penjualan blangko secara online. Mardani tegas menyebut hal itu merupakan tindakan ilegal. Seharusnya tak mungkin dokumen negara diperjualbelikan seperti itu.

“Ini merupakan pelecehan pada hukum dan aturan kita,” sebutnya.

Dalih saja, kata dia, dianggap tak cukup membuktikan apakah blangko via online itu palsu atau bukan. Sebab seharusnya, pemerintah menyediakan ekosistem terkait e-KTP ini. Sehingga jargon ‘elektronik’ pada KTP tak sekedar disematkan.

Selama ini, ia menyebut tak ada ekosistem yang benar-benar menunjang. Card reader terintegrasi hanya dimiliki oleh sebagian pihak. Tidak ada card reader, pihak yang menerima copy KTP tidak bisa menetapkan ini asli atau palsu,” sebut Mardani.

(Rengga Permana)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here