Polda Metro Jaya Usut e-KTP Tercecer

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Argo Yuwono. Foto: nuswantaranews.com

Penegak hukum tak tinggal diam dalam kasus Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) yang tercecer di Jakarta Timur. Polda Metro Jaya bersinergi dengan Polres Jakarta Timur menuntaskan kasus ini.

Indonesiainside.id, Jakarta — Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Argo Yuwono menyebut pihaknya secara intensif menangani kasus e-KTP tercecer. Bahkan Polda Metro Jaya menggandeng Polres Metro Jakarta Timur untuk mendalami hal ini.

“Itu ditangani bersama antara Polda Metro Jaya dan Polres Metro Jakarta Timur. Saat ini anggota semua masih terus menyelidiki,” beber Argo di Jakarta, Senin, (10/12/18).

Pihaknya, kata dia, masih menyelidiki motif kejadian dan mencari siapa yang bertanggung jawab. Meski dinyatakan kadaluwarsa, ribuan e-KTP tak seharusnya diperlakukan sembarangan.

Argo mengatakan pihaknya masih menelisik pergantian pejabat tingkat kelurahan hingga kecamatan. Sebab ada pengalihan tanggung jawab yang perlu dijelaskan.

“Karena pada intinya setiap pergantian pejabat kelurahan hingga kecamatan sampai ke atasnya itu tidak menginformasikan kalau ada KTP elektronik yang sudah tidak berlaku” jelas Argo.

Selain itu, pihaknya juga bakal mengkonfirmasi data e-KTP tercecer dengan pusat data Kementerian Dalam Negeri. Sementara ini, Polda dan Polres Jaktim baru mendapat info bahwa masa aktif terakhir kartu penduduk itu yakni 2013, 2014 dan 2017.

“Makanya kami cek dulu,” ucap Argo.

Saat ini, pihaknya masih memeriksa 10 orang saksi, termasuk staf Dukcapil Kelurahan Pondok Kelapa.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here