KPAI: Iklan Harus Menyesuaikan Budaya Lokal

Foto : ANTARA News Sumsel

KPAI akan memanggil pihak Shopee atas tayangan iklan yang meresahkan masyarakat.

Indonesiainside.id, Jakarta — Masyarakat diresahkan atas tayangan iklan Shopee yang muncul hingga 2-3 kali dalam 1 kali jeda iklan di acara kartun anak. Dalam tayangan tersebut, grup band asal Korea, Blackpink, berpenampilan sangat tidak sesuai dengan budaya ketimuran bangsa Indonesia.

Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Rita Pranawati mengatakan, tayangan iklan yang beredar sangat penting untuk menyesuaikan dengan budaya lokal. Termasuk prinsip beriklan yang ramah untuk perlindungan anak.

“Kita akan dalami dan hasilnya akan kita undang Shopee untuk disampaikan hasil pendalaman KPAI,” ujarnya kepada Indonesiainside.id

Sementara, Anggota Komisi I DPR RI Sukamta mengatakan pihaknya akan menyampaikan aspirasi masyarakat dan petisi yang digulirkan ke KPI agar iklan tersebut dihentikan.

Seharusnya, kata dia, iklan yang ditampilkan di televisi harus mendidik dan bermanfaat untuk anak-anak serta bangsa Indonesia.

“Prinsipnya kita sangat menghargai dunia usaha dan iklan. Hanya kita inginkan agar iklan tersebut yang mendidik. Apalagi juga disiarkan pada acara anak-anak dan jam tayang saat anak-anak biasa menonton,” ujar Sukamta. (Ahmad Z.R)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here