Dirjen Dukcapil Kemendagri: Ini Kelalaian Dukcapil

Foto : Pos Kupang - Tribunnews.com

Seluruh e-KTP yang tercecer di Pariaman Sumatera Barat sudah ditarik oleh dinas terkait dari pemiliknya serta telah diganti dengan yang baru.

Indonesiainside.id, Pariaman — Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Dirjen Dukcapil) Zudan Arif Fakhrulloh memastikan tidak ada unsur politik atas penemuan sekitar 1.000 keping Kartu Tanda Penduduk elektronik di Kota Pariaman, Sumatera Barat.

“Nggak ada (unsur politik). Saya sudah dapat laporan dari polisi,” katanya kepada Indonesiainside.id, saat dikonfirmasi, Rabu (12/12).

Menurut dia, tercecernya 1.000an keping e-KTP tersebut karena kelalaian Dukcapil Pariaman yang mau membakar dokumen yang tidak terpakai.

“Ini kelalaian Dukcapil yang belum memotong dan terbawa pihak lain,” ujarnya.

Sementara, Direktur Intelijen Keamanan (Intelkam) Polda Sumbar, AKBP Heri Prihanto di Pariaman, Rabu, mengatakan pihaknya memastikan hal itu setelah dilakukan koordinasi dan pengecekan data bersama Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman sebagai pemilik barang tersebut.

“Ini perlu ditegaskan, temuan sekitar 1.000 keping KTP-E tersebut sama sekali tidak berkaitan dengan unsur politik, namun pihak Kepolisian akan terus menyelidikinya,” kata dia.

Menurut dia, penegasan tersebut dibutuhkan agar tidak menimbulkan asumsi lain di tengah masyarakat sehingga memicu persoalan baru.

“Apalagi ini sudah memasuki tahun politik, jangan sampai membuat masyarakat resah akibat temuan sekitar 1.000 keping E-KTP tersebut,” katanya.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here