Lagi, e-KTP Bekas Ditemukan di Pemukiman Warga

Foto : Poskota News

Masyarakat Pariaman, Sumatera Barat, menemukan 1.000 e-KTP tercecer di pemukiman warga.

Indonesiainside.id, Jakarta — Kasus Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) tercecer kembali terulang. Kali ini, seribu kartu penduduk ditemukan di sekitar pemukiman warga di Kota Pariaman, Sumatera Barat.

Kapolres Kota Pariaman AKBP Andry Kurniawan, seperti dilansir Antara, menjelaskan kartu penduduk itu berisi data bekas penggantian dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman. KTP-el yang diduga telah kedaluwarsa itu ditemukan di sekitar pemukiman penduduk.

“Sekitar pukul 17.00 WIB masyarakat menemukan kurang lebih 1.000 keping KTP-E di Desa Kampung Baru, Kecamatan Pariaman Tengah dan melaporkannya ke pihak Kepolisian,” ujarnya Selasa (11/12) malam.

Pihaknya langsung bergerak dan mengamankan e-KTP usai mendapatkan informasi itu. Kapolres menggandeng Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman untuk mengklarifikasi data di kartu penduduk tersebut.

Usai dicek, pihaknya mendapat info bahwa kartu itu memang telah ditarik oleh Disdukcapil. Sebab pemiliknya mengganti e-KTP dengan kartu kependudukan yang baru.

“Seluruh KTP-E tersebut berasal dari Kabupaten Padang Pariaman yang merupakan bekas penggantian identitas, alamat, pekerjaan dan lain sebagainya,” kata dia.

Saat ini, pihaknya tengah mencari pelaku yang bertanggungjawab meletakkan seribu e-KTP itu. Kepolisian bersama dinas terkait akan melakukan pengecekan terhadap para pegawai untuk mengusut kemungkinan adanya unsur kelalaian atau pelanggaran.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman, Fadhly membenarkan hal itu. Pihaknya sedang mengevaluasi internal jajarannya.

“Kami akan koreksi di tingkat internal atas persoalan ini,” katanya.

(Rengga Permana)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here