Pemegang Terakhir e-KTP Tercecer Disasar

Foto : Poskota News

Polisi memburu oknum yang terakhir bertanggung jawab atas Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) yang tercecer di Duren Sawit, Jakarta Timur. Sangat penting untuk menjawab motif tindakan sembrono itu

Indonesiainside.id, Jakarta — Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Argo Yuwono menyatakan pihaknya tengah melacak oknum yang membawa e-KTP di Duren Sawit, Jakarta Timur, sebelum akhirnya tercecer. Menurutnya, perlu pendalaman kasus untuk menentukan jenis keteledoran tersebut.

“Nanti kita lihat siapa yang terakhir kali memegang (e-KTP tercecer),” ujar Argo di Jakarta, Rabu (12/12).

Pihaknya telah berkoordinasi intens dengan Dinas Dukcapil Jakarta Timur. Terutama dalam menegaskan tata cara pengurusan e-KTP yang telah dianggap kadaluwarsa.

Sesuai arahan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, seharusnya kartu penduduk tak berlaku mendapat perlakuan khusus. “Kalau sudah kedaluwarsa itu lebih baik diapakan kan begitu. Apa dimusnahkan, menggunakan apa, apa dibakar, atau digunting,” bebernya.

Seperti diketahui, e-KTP kedaluwarsa tersebut ditemukan tercecer di sekitar Jalan Bojong Rangkong, Pondok Kopi, Duren Sawit, Jakarta Timur, Sabtu siang. Kapolsek Duren Sawit Kompol Parlindungan Sutasuhut menyebut kronologi temuan diawali anak-anak yang menemukan karung di sekitar lokasi.

Karung berisi e-KTP kedaluwarsa itu ditemukan pukul 11.00 WIB. Parlindungan menyebut, kartu penduduk itu berisi identitas para warga Kelurahan Pondok Kelapa. Dokumen tersebut merupakan cetakan pertama, karena masih ada batas berlakunya. Sementara kartu e-KTP saat ini, masa berlakunya seumur hidup.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here