Mengenalkan Wayang Palembang ke Mahasiswa

Eksistensi wayang kulit Palembang saat ini sudah mulai dilupakan. Kesenian wayang mulai hilang di tengah-tengah masyarakat serta kurangnya minat untuk mempelajari wayang Palembang.

Indonesiainside.id, Palembang — Demi mengenalkannya kembali, Komunitas Pecinta Sejarah UIN Raden Fatah Palembang menggelar seminar ”Eksistensi Wayang Kulit Palembang Masa Pra Kesultanan hingga Sekarang” di Aula Fakultas Adab dan Humaniora, Sabtu,(15/12).

Salah satu Dalang wayang Palembang, Kgs. Wirawan Rusdi mengatakan pertunjukan wayang menyajikan aspek-aspek seni secara total, seperti seni sastra, seni rupa, seni drama dan seni tari.

“Seperti halnya wayang Palembang yang memiliki keunikan tersendiri dengan wayang yang ada di Jawa,” ucapnya di hadapan mahasiswa.

Dikatakan Wirawan, langkah yang akan dilakukan ntuk memperkenalkan wayang Palembang kepada masyarakat, melalui promosi di koran, radio serta televisi.

“Kita sudah melakukannya tinggal masyarakatnya yang peduli dan mau mengenal wayang Palembang,” ungkapnya.

“Harapannya agar kita lebih diperhatikan oleh pemerintah, diberikan pembinaan atau kunjungan-kunjungan kepada kita bukan hanya keperluan mereka saja,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Kesenian Palembang, Vebri Al-Lintani, menyampaikan Wayang palembang telah menjadi budaya dengan kekhasan yang berbeda dengan wayang dari tempat asalnya Jawa, untuk itu harus dilestarikan oleh berbagai pihak.

“Kesenian itu dinamis, karena itu perlu adanya revitalisasi dan kreativitas artistik terhadap wayang Palembang agar lebih diminati oleh masyarakat dan generasi muda saat ini,” pungkasnya. (Fir/INI-Network)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here