KPK Panggil Tiga Saksi Kasus Suap Petinggi Golkar

KPK memanggil tiga saksi dalam perkara kasus suap PLTU Riau-1

Indonesiainside.id, Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil tiga saksi dalam penyidikan kasus suap terkait kesepakatan kerja sama pembangunan PLTU Riau-1. Mereka diperiksa dalam kasus suap yang melibatkan politisi Golkar yang juga mantan Menteri Sosial dan Sekjen Partai Golkar Idrus Marham (IM).

“Pemeriksaan terhadap tiga saksi untuk tersangka IM terkait kasus suap kesepakatan kerja sama pembangunan PLTU Riau-1,” kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah (18/12).

Tiga orang tersebut masing-masing, Direktur PT Smelting Prihadi Santoso, Presiden Direktur PT Isargas Iswan Ibrahim, dan Presiden Direktur One Connect Indonesia Herwin Tanuwidjaja.

Keterangan mereka dibutuhkan untuk mendukung fakta-fakta yang sudah mulai diuraikan di persidangan dalam perkara korupsi suap PLTU Riau-1.

Idrus sendiri diduga menerima janji untuk mendapat bagian yang sama besar dari mantan Wakil Ketua Komisi VII DPR dari Fraksi Partai Golkar Eni Maulani Saragih, sebesar 1,5 juta dolar AS. Dana tersebut berasal dari Johannes Budisutrisno Kotjo bila PPA (purchase power agreement) proyek PLTU Riau-1 berhasil dilaksanakan Johannes dan kawan-kawannya.

Dalam kasus ini, KPK dapat menjerat Partai Golkar sebagai tersangka korupsi koorporasi karena diduga turut menerima aliran dana Kasus PLTU Riau-1. Pasalnya, Eni Saragih ketika itu, sebagai Bendahara Munaslub Golkar 2017.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here