Mantan Astronot NASA: Mengirim Manusia Ke Mars Itu Bodoh

Mengirim wahana tak berawak lebih masuk akal karena minimnya dukungan program

Indonesiainside.id, Jakarta – Salah satu astronot pertama yang berhasil masuk ke orbit Bulan menilai misi manusia ke planet Mars itu merupakan hal yang bodoh dan konyol.

“NASA seharusnya tidak berusaha untuk mengirim misi berawak ke Mars. Apa yang penting? Apa yang mendorong kita untuk pergi ke Mars?. Saya kira masyarakat tidak tertarik,” ujar Bill Anders, awak Apollo 8 kepada BBC, (25/12).

Anders (85), mengatakan dia mendukung program tak berawak, terutama karena harganya jauh lebih murah. Tetapi dia mengatakan tidak ada dukungan publik untuk mendanai misi manusia yang jauh lebih mahal.

NASA sendiri saat ini sedang merencanakan misi baru untuk mengirim manusia ke Bulan.

Badan antariksa AS itu ingin mempelajari keterampilan dan mengembangkan teknologi untuk memungkinkan pendaratan manusia di Mars di masa depan.

Sementara itu, robot penelitian masih menjelajahi Mars. Bulan lalu, InSight, robot yang akan mengambil sampel inerior planet, berhasil mendarat di Elysium Planitia.

“Kami memimpin perjalanan kembali ke Bulan yang berkelanjutan, yang akan membantu kita mengirim astronot ke Mars,” ujar sumber NASA.

Pada Desember 1968, Anders, bersama dengan kru Frank Borman dan Jim Lovell, bertolak dari Cape Canaveral di Florida di atas Saturn V, sebelum menyelesaikan 10 orbit mengelilingi Bulan.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here