Korban Meninggal Kecelakaan Pesawat Meningkat Di 2018

Salah satu insiden terparah kecelakaan pesawat terbang ketika Lion Air JT-610 Jatuh.

Indonesiainside.id, Jakarta – Jumlah korban meninggal dunia akibat kecelakaan pesawat meningkat drastis pada 2018 jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Merujuk laporan Aviation Safety Network (ASN) menunjukkan insiden pesawat jatuh menewaskan sebanyak 556 orang pada tahun 2018.

Salah satu insiden terparah pada 2018 terjadi ketika pesawat maskapai Lion Air jatuh. Lion Air JT610 yang mengangkut 189 orang jatuh di perairan Karawang, Jawa Barat, pada Senin (29/10).

Kejadian yang menimpa maskapai berlogo singa itu merupakan kecelakaan terparah kedua dalam sejarah penerbangan Indonesia yang terjadi di tengah membaiknya rekor keselamatan.

ASN mencatat ada sebanyak 15 insiden fatal sepanjang 2018. Insiden pesawat jatuh di Kuba pada Mei yang menewaskan 112 orang. Sebanyak 66 orang meninggal dunia dalam insiden pesawat jatuh di pegunungan Zagros, Iran, pada Februari. Juga pesawat jatuh saat mendarat di Bandara Kathmandu, Nepal, pada Maret, yang menewaskan 51 orang.

“Jika tingkat insidennya tetap sama seperti 10 tahun lalu maka akan ada 39 kecelakaan fatal tahun 2018,” kata Direktur ASN, Harro Ranter.

Bagaimanapun, lepas dari rangkaian insiden tersebut, secara keseluruhan keamanan transportasi udara telah berkembang selama 20 tahun terakhir.

“Jika tingkat insidennya tetap sama seperti 10 tahun lalu maka akan ada 39 kecelakaan fatal tahun lalu,” kata Direktur ASN, Harro Ranter.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here