KNKT Cari Kembali Kotak Suara JT610

Lion Air JT 610

KNKT sedang melakukan pembicaraan dengan TNI Angkatan Laut untuk melakukan kembali pencarian kotak hitam kedua.

Indonesiainside.id, Jakarta – Lion Air menghentikan pencarian Kotak Rekaman Suara Kokpit (VCR) pesawat Lion Air JT610 yang jatuh di Laut Jawa pada 29 Oktober tahun lalu yang menewaskan 198 orang.

Corporate Communications Strategic Lion Group, Danang Prihantoro, mengatakan bahwa pencarian VCR dengan menggunakan MVP Everest sudah berakhir pada pukul 29 Desember, pukul 23.59 waktu setempat.

“Sudah berakhir Desember kemarin,” ujarnya.

Namun Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) berencana menggelar kembali pencarian VCR. Pasalnya, VCR adalah salah satu dari dua bagian kotak hitam pesawat yang penting untuk mengungkap penyebab kecelakaan pesawat.

KNKT sedang melakukan pembicaraan dengan TNI Angkatan Laut menggunakan kapal AL untuk melakukan kembali pencarian kotak hitam kedua. CVR ini kemungkinan berisi petunjuk penting yang bisa memberikan pandangan kepada para penyelidik apa yang dilakukan oleh pilot.

“Mungkin paling cepat minggu depan. Mungkin tidak secanggih MVP Everest (yang dibiayai Lion), tapi akan dilengkapi dengan detektor CVR dan kami sudah punya alat yang dikendalikan dari jarak jauh,” kata juru bicara KNKT seperti dikutip oleh Reuters, (3/1).

Pada Desember 2018, Lion Air mengatakan mengalokasikan IDR 38 miliar rupiah untuk melakukan pencarian kotak hitam yang kedua dengan menggunakan kapal milik perusahaan Belanda, MVP Everest. Namun hingga akhir batas waktu benda tersebut belum juga ditemukan.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here