BMKG Giatkan Sekolah Kesiapan Bencana

Salah satu kegiatan SLG yaitu melakukan permainan kegempaan bagi anak-anak.

Indonesiainside.id, Jakarta – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) berencana menggiatkan Sekolah Lapang Gempa untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terkait dengan gempa bumi dan tsunami.

“Tahun ini ada 30 kegiatan SLG (Sekolah Lapang Gempa) di beberapa provinsi yang bertujuan untuk membuka wawasan kegempaan,” kata Kabid Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Tiar Prasetya di Jakarta, (4/1).

Pelaksanaan SLG bertujuan menguatkan peran BPBD dan pemangku kepentingan di daerah agar memahami informasi gempa bumi dan peringatan dini tsunami. Sehingga dapat memberikan arahan yang benar kepada masyarakat.

“Jadi saat terjadi gempa bumi dan berpotensi tsunami maka pemangku kepentingan sudah mengerti apa yang harus dilakukan dan masing-masing paham tugasnya,” ujarnya.

Sekolah ini bakal menyasar BPBD, masyarakat, sekolah, aparat, dan media di wilayah rawan gempa bumi dan tsunami, untuk memahami potensi gempa bumi dan tsunami di wilayahnya.

“Selain itu, untuk meningkatkan kesiapsiagaan terhadap gempa bumi dan tsunami, serta memahami pesan BMKG terkait dengan peringatan dini,” sambungnya.

Salah satu kegiatan SLG yaitu melakukan permainan kegempaan bagi anak-anak untuk membuka wawasan kegempaan mereka.

SLG sendiri telah dilakukan sejak 2015 di 10 kabupaten dan kota, meningkat menjadi 23 kabupaten/kota pada 2016, satu kota pada 2017, dan di dua kota pada 2018.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here