Wishnu Wardhana Dijebloskan ke Lapas Porong

Oleh: Jee Jaini

Pelarian Wishnu Wardhana berakhir sudah. Setelah ditangkap secara dramatis oleh tim Kejari Surabaya, Wishnu dijebloskan ke lapas Porong.

Indonesiainside.com, Surabaya – Mantan Ketua DPRD Surabaya Wishnu Wardhana (WW) menjadi penghuni baru Lapas Kelas I Surabaya di Porong, Sidoarjo. Dia ditangkap tim Kejaksaan Negeri (Kejari) Surabaya di Jalan Kenjeran, Surabaya, setelah dinyatakan buron sekitar tiga pekan.

Kajari Surabaya Teguh Darmawan mengatakan, Wishnu sempat dibawa dan diamankan di kantor Kejari Surabaya di Jalan Sukomanunggal. Selanjutnya dia dibawa ke Lapas Porong untuk menjalani masa hukumannya sesuai putusan Mahkamah Agung (MA) yakni enam tahun penjara.

“Tim Kejari Surabaya berhasil mengamankan terpidana Whisnu Wardhana atau WW, selanjutnya kita masukkan yang bersangkutan ke penjara sesuai putusan MA di Lapas Porong tahun,” jelas Teguh Darmawan, Rabu (9/1/2019).

WW divonis bersalah dalam kasus dugaan korupsi pelepasan aset PT Panca Wira Usaha (PWU) Jatim di Kediri dan Tulungagung tahun 2013 lalu. Saat itu, WW menjabat sebagai kepala biro aset dan ketua tim penjualan aset PT PWU yang dianggap menjual aset tidak sesuai prosedur.

Pada sidang Pengadilan Tipikor Surabaya pada 2017 lalu, ia divonis majelis hakim pidana tiga tahun penjara. Dia juga diharuskan membayar denda Rp 200 juta dan uang pengganti Rp 1,5 miliar. WW mengajukan banding ke Pengadilan Tinggi Jatim dan divonis satu tahun penjara. Kemudian kejaksaan mengajukan kasasi dan putusan MA justru menjatuhkan hukuman enam tahun penjara.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here