Petualangan System 001 di Samudra Pasifik

System 001 alat untuk mengurangi sampah plastik di Samudra Pasifik. Foto: Ray Chavez/Bay Area News Group

Oleh: Anisa Tri Kusuma

Sebuah alat untuk membersikan sampah plastik di Samudra Pasifik, saat ini mengalami kerusakan teknis. Apa penyebabnya

Indonesiainside.id, Jakarta — Sebuah alat yang dikerahkan untuk membersikan sampah plastik di Samudra Pasifik, saat ini sedang mengalami kendala teknis. Alat bernama System 001, milik organisasi nonprofit Ocean Cleanup tersebut, memulai petualangannya ke Samudra Pasifik pada September lalu.

Alat ini diharapkan dapat membersihkan 80 ribu ton sampah yang mengambang di sekitar Great Pacific Garbage Patch wilayah dengan akumulasi sampah plastik terbesar di laut dunia. Diperkirakan, ada 1,8 triliun potongan plastik yang terperangkap di sana.

Sayangnya, di tengah tugas, System 001 tak berfungsi, dilansir dari voaindonesia.com, alat tersebut rusak setelah tanpa henti diterpa angin dan gelombang di Samudra Pasifik.

Boyan Slat, pemimpin proyek mengatakan bahwa System 001 akan ditarik ke daratan Hawaii dengan menempuh jarak 1.300 kilometer. Apabila proses perbaikan tidak dapat dilaksanakan di sana, maka alat sepanjang 600 meter itu akan diangkut dengan menggunakan kapal tongkang dan dikembalikan ke pelabuhan asal di Alameda, California. .

Slat berjanji akan berusaha memperbaiki System 001, agar itu bisa segera kembali membersihkan sampah di Samudra Pasifik.

System 001 bekerja dengan mengandalkan pola pasang surut dan akan mengapung ke area dengan konsentrasi sampah plastik tertinggi. Ia memiliki palang berbentuk tapal kuda yang berfungsi untuk menjebak sampah sehingga nantinya dapat dikumpulkan dan didaur ulang. System 001 memperkirakan diperlukan 6 bulan untuk sistem ini menyelesaikan proses pembersihan sampah plastik lautan pertamanya.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here