Jelang Debat, Dua Capres Minim Data

Dengan membocorkan materi debat, KPU sama saja tidak yakin dengan kemampuan Paslon.

Oleh : Eko

Indonesiainside.id, Jakarta — Pengamat politik dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Ubedilah Badrun menyayangkan keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang memberikan kisi-kisi materi debat. Tindakan KPU ini tidak akan menghasilkan calon presiden yang otentik.

Dia juga memprediksikan debat capres cawapres nanti tidak ada greget sama sekali karena bocornya tema.

“Jadi debat nanti sifatnya lebih direkayasa dan tidak akan menghasikan capres yang otentik,” kata Ubedilah di Jakarta, Kamis (10/1/2019).

Dia juga menyoroti kemampuan dua capres yang sama-sama minim data. Visi misi yang dipaparkan tidak dilengkapi banyak data. Padahal masyarakat butuh data dan bukan sekadar omongan.

Aktivis 98 ini merasa lucu dengan alasan KPU yang tidak ingin mempermalukan capres cawapres dalam debat. Sebab, faktanya KPU justru mendorong para calon untuk menghafalkan materi dan jawaban yang sudah disiapkan tim sukses.

“Gunanya debat untuk menilai kemampuan capres cawapres. Apakah mampu menyelesaikan masalah. Ini bisa diketahui lewat jawaban spontan dan bukan yang disiapkan tim sukses,” tuturnya.

Ubedilah berharap moderator nanti bisa memancing para capres untuk menunjukkan spontanitasnya agar debat tidak landai.

Debat Pilores 2019 akan diikuti oleh dua pasang calon presiden dan wakil presiden yakni Jokowi – Ma’ruf dan Prabowo Subianto – Sandiaga Uno.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here