Rekrutmen P3K untuk Honorer K2 Harus Dibuat Khusus

Diminta ada jalur khusus kepada honorer K2 dengan jumlah formasi seimbang.

Oleh: Eko

Indonesiainside.id, Jakarta–Rekrutmen calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Perja (P3K) akan dimulai Februari mendatang. Hanya tiga jabatan yang diprioritaskan yaitu guru, tenaga kesehatan, dan penyuluh pertanian.

Menanggapi ini, Ketua Umum Forum Honorer K2 Indonesia (FHK2I) Titi Purwaningsih mengatakan, pihaknya akan mengikuti aturan yang diberlakukan pemerintah berupa tes calon P3K. Namun, hendaknya ada aturan khusus yang diberlakukan kepada honorer K2.

Salah satunya adalah tes hanya sekali dan kelulusan didasarkan pada perangkingan. Artinya, yang tidak terakomodir dalam rekrutmen awal, disiapkan untuk tahap kedua (pascapilpres).

“Dengan kata lain dibuat bertahap. Kami tidak mau bila honorer K2 yang tidak terakomodir dalam tes Februari, dibuang. Mereka tetap direkrut di tahap dua dan tidak ada tes lagi,” ujar Titi yang dihubungi, Jumat (11/1).

Persyaratan lainnya adalah, pemerintah memberikan jalur khusus kepada honorer K2 dengan jumlah formasi imbang. Jangan sampai honorer K2 hanya mendapatkan formasi 30 persen.

Menurut Titi akan lebih baik bila formasi antara pelamar umum dan honorer K2 fifty-fifty. Ini agar masalah honorer K2 bisa terselesaikan sedikit demi sedikit.

Soal pembatasan jabatan P3K yang hanya fokus ke guru, tenaga kesehatan, dan penyuluh, menurut Titi itu memang disesuaikan dengan kebutuhan. Namun, dia berharap jabatan lain seperti tenaga teknis lainnya bisa prioritaskan dalam rekrutmen P3K tahap kedua.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here