Ribuan Sekolah Masuk Zona Rentan Tinggi Gempa

Mitigasi bencana perlu dilakukan sejak dini melalui tenaga pendidik di sekolah.

Oleh: Eko

Indonesiainside.id, Jakarta – Peta Sumber Gempa Nasional 2017 telah memetakan jalur patahan darat di Indonesia, walaupun sebagian besar belum dalam skala detail. Dari peta termutakhir ini diketahui sebanyak empat juta penduduk dan 2.892 bangunan sekolah berada dalam zona bahaya radius satu kilometer dari jalur sesar.

Menurut Peta (2017) tersebut, ditemukan fasilitas pendidikan di zona kerentanan tinggi sebanyak 2.892 bangunan sekolah, fasilitas kesehatan sebanyak 40 rumah sakit dan 126 puskesmas, dan jumlah penduduk mencapai 4.103.975 jiwa. Sedangkan infrastruktur transportasi sebanyak 11 pelabuhan, 21 terminal, 2 stasiun, 237 ruas jalan provinsi sepanjang 652,3 km, 31 ruas jalur kereta api dengan panjang 83,3 km, 15 ruas jalan tol sepanjang 20,1 km.

Mengingat banyaknya bangunan sekolah yang berada pada zona kerentanan tinggi, Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mendorong Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Kementerian Agama (Kemenag) dan Dinas-dinas pendidikan segera membuat program pelatihan bagi seluruh guru untuk memiliki kemampuan melakukan simulasi bencana di sekolah. Mengingat bencana bisa datang saat anak-anak berada di sekolah.

“Pemerintah daerah dan dinas-dinas terkait di daerah wajib memastikan setiap sekolah memiliki jalur evakuasi dan titik kumpul. Sehingga, ketika bencana terjadi, masyarakat tidak kebingungan harus ke mana,” kata Komisioner KPAI bidang Pendidikan Retno Listyarti di Jakarta, Sabtu (12/1).

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here