Status Merapi Waspada, Warga Harus Menjauh hingga Radius 3 Km

Oleh: Suyono Sugondo

Aktivitas vulkanis  Gunung Merapi di Sleman, Yogyakarta, meningkat hingga Sabtu (12/1/2019) siang ini. Warga dilarang beraktivitas dalam radius 3 kilometer dari puncak Gunung Merapi.

Indonesiainside.id, Yogyakarta — Aktivitas Gunung Merapi memasuki status waspada atau level 2. Luncuran lava mencapai jarak 900 meter hingga 1,700 kilometer (km) sehingga warga diminta menjauh hingga di radius 3 km dari puncak.

Guguran lava terjadi dengan jarak luncur 900 m, durasi 52.60 detik,  ke arah hulu Kali Gendol. Demikian dilaporkan Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) kepada masyarakat melalui akun resminya di Twitter dan media sosial lain.

Menurut BPPTKG, analisa morfologis berdasarkan foto dari sektor tenggara menunjukkan perubahan morfologis berupa pertumbuhan kubah. Pertumbuhan kubah lava per 10 Januari 2019 sebesar 439.00 meter kubik dengan laju pertumbuhan rata-rata 3.400 kubik per hari, lebih kecil dari minggu sebelumnya. Saat ini kubah lava masih stabil pertumbuhannya hanya dibawah 20.000 meter kubik per hari.

Kergempaan dalam sepekan terakhir ini terjadi 19 kali gempa dan 11 kali gempa teknotik, atau lebih tinggi dibanding pekan sebelumnya. Deformasi Gunung Merapi yang dipantau menggunakan EDM dan GPS tidak menunjukkan perubahan signifikan. (Azh/INI-Network)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here