Gunung Merapi Mulai Semburkan Abu Vulkanik

Erupsi Gunung Merapi. Foto: Antara

Oleh : Suyono Sugondo/Bagus Aryo Wicaksono

Setelah memasuki tahap waspada, Gunung Merapi mulai menyemburkan abu vulkanik. Warga diminta meningkatkan kewaspadaan atas aktivitas gunung paling aktif tersebut.

Indonesiainside.id, Yogyakarta — Aktivitas Gunung Merapi terus meningkat sejak satu pekan terakhir ini. Hujan abu mulai terlihat di kawasan Stabelan, Tlogolele, Selo, Kabupaten Boyolali, dan Kampung Babadan, Desa Paten, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (12/1/2019) malam.

Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG)
merilis telah terjadi 9 kali luncuran lava pada Sabtu (12/1/2019) malam dengan jarak luncur 1,7 kilometer ke arah tenggara dan ke arah timur 2 kali.

Saat ini, aktivitas Gunung Merapi meningkat ke level 2 atau waspada. Sepeken terakhir telah terjadi 50 kali gempa guguran, 3 kali gempa tektonik dan satu kali gempa vulkanis dangkal.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Tengah memasang tiga uit kamera CCTV guna memantau perkembangan arupsi Gunung Merapi. Tiga unit CCTV tersebut dipasang di Balerante Klaten, Dukun Magelang, daqn Selo Boyolali, Jawa Tengah.

Pemasangan tiga CCTV ini setelah kondisi Puncak Gunung Merapi semakin serius, dan aktivitas vulkanis semakin meningkat dari hari ke hari.

“Khusus di Jateng, kami menambah tiga alat pemantau berupa kamera CCTV yang dipasang di Balerante Klaten, Magelang, dan Boyolali,” kata Kepala Pelaksana Harian BPDB Provinsi Jateng Sarwa Pramana.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here