Siasati Mahalnya Tiket Pesawat, Penumpang Ramai-ramai Bikin Paspor

Oleh : Eko

Mahalnya harga tiket pesawat rute domestik dibandingkan perjalanan udara via luar negeri memaksa sejumlah warga daerah menggunakan paspor saat hendak terbang keluar kota karena lebih murah.

Indonesiainside.id, Jakarta – Harga tiket pesawat rute domestik yang lebih mahal dibandingkan perjalanan udara via luar negeri memaksa sejumlah warga di daerah menyiasatinya. Salah satunya dengan transit di luar negeri.

Fenomena itu dirasakan sejumlah warga Aceh, salah satunya Safaruddin. Ia berencana menggunakan moda pesawat terbang ketika pergi ke Malang, Jawa Timur, Februari mendatang.

Menurutnya, rute penerbangan transit ke Kuala Lumpur lebih rendah ketimbang tiket langsung dari Banda Aceh menuju bandara terdekat dengan Malang, yakni Surabaya.

“Keluarga kami semuanya enam orang, jika tiket satu orang Rp4 juta, maka totalnya 24 juta rupiah,” ujarnya kepada BBC News, Minggu (13/1).

“Jadi untuk pergi ke dalam negeri sendiri, saya terpaksa membuat paspor dan transit di Malaysia, baru ke tempat tujuan. Dengan cara itu harga tiket Rp1 juta per orang,” tuturnya.

Ditambahkannya, harga tiket pesawat domestik tidak wajar, termasuk yang dijual maskapai milik perusahaan milik negara.

“Pesawat BUMN harganya di atas langit, seharusnya lebih murah, jangan demi keuntungan semata,” ucapnya.

Merujuk sejumlah situs penjualan tiket online, harga karcis pesawat dari Banda Aceh ke sejumlah kota di dalam negeri memang lebih tinggi dibandingkan rute serupa tapi dengan satu titik transit di Kuala Lumpur.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here