Anies:KB Saat Ini Menghadapi Masalah Kesehatan Bersifat Preventif

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, (Foto: M. Aulia Rahman/indonesiainside.id)

Oleh: M Aulia Rahman

Indonesiainside.id, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menuturkan tantangan ke depan terkait Keluarga Berencana terus berkembang. Bukan hanya untuk mengentaskan masalah kependudukan, tetapi juga isu kesehatan yang bersifat preventif seperti pernikahan di usia muda, stunting maupun autism. Masalah-masalah tersebut, yang sebelumnya dipandang sebagai suatu keanehan justru bisa dirumuskan melalui perkembangan neurosains dan medis.

“Kita bisa melihat data-data yang disebutkan tadi sebagai konsekuensi dari perencanaan keluarga yang tidak matang. Karena itu, kita di Jakarta insyaAllah siap untuk kerja bersama. Dan dengan bapak ibu sekalian di TNI, kami siap untuk memperluas. Kalau BKKBN punya kegiatan terkait ini, dengan kami, dengan TNI, kita siap kerjakan sama-sama. Ada inovasi baru, Jakarta siap untuk jadi tempat pertama dilakukan itu,” tuturnya.

Anies juga menyampaikan jika Pemprov DKI Jakarta siap untuk berkolaborasi dengan siapa saja dalam rangka mengentaskan masalah kependudukan dan kesehatan masyarakat di Ibu Kota. Pemprov DKI Jakarta saat ini telah bekerja sama dengan pegiat Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dalam pengumpulan data masyarakat, maupun pemanfaatan teknologi digital di tingkat puskesmas seperti aplikasi E-Jiwa untuk mendeteksi dini masalah kesehatan mental setiap orang.

“Saya ingin sampaikan keterbukaan. Pemprov DKI Jakarta ingin menyelesaikan masalah yang ada di kota ini secara kolaboratif, kerja sama, gotong royong kalau bahasa kita. Bukan sekadar pemerintah memonopoli semua usaha untuk menyelesaikan masalah di masyarakat termasuk masalah kesehatan dan kesejahteraan. Kolaborasi, keterbukaan mengajak semua pihak. Apalagi dengan TNI, kami sangat mengapresiasi dan berharap nantinya di hal-hal yang lain kita bisa terus lakukan kolaborasi,” kata Anies. (PS)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here