Larang Ucapan Natal, Toko Roti Ini Jadi Bulan-Bulanan Warganet

Toko Roti Tous Les Jours di FX Sudirman, Jakarta Pusat. Foto: Istimewa

Indonesiainside.id, Jakarta — Sebuah toko roti menjadi bulan-bulanan warganet di Twitter dan menjadi trending topik. Pasalnya, toko tersebut membuat peraturan yang dinilai “tak ramah agama”.

Adalah Tous Les Jours di Pasific Place, Jakarta, manajemen toko melarang untuk membuat kue dengan ucapan selamat hari Natal, Imlek, Halloween, dan Valentine.

Larangan ucapan natal di Toko Roti
Larangan ucapan natal di Toko Roti. Foto: Istimewa

Ucapan tersebut dilarang karena dianggap tidak sesuai dengan syariat Islam. Sementara pihak toko diperbolehkan menulis kata “I Love You” atau ucapan selamat promosi jabatan, hari jadi, dan sebagainya.

“Referensi: Sistem Jaminan Halal Produk Profil, produk tidak boleh menuual sesuatu yang tidak sesuai syariat Islam,” dikutip aturan tersebut sebagaimana foto yang viral di media sosial.

“Bangsa ini dr Tahun ke Tahun hanya ribut ttg UCAPAN NATAL, boleh apa tdk, Di ARAB sana sy yakin tdk seribut di Indonesia, kalian mau ucapin teman² NASRANI SENANG gak ngucapin mrk JG SENANG krn mrk sm sekali tdk pernah terganggu.. Salam Damai,” respons salah satu warganet bernama Gus Sjahtie.

Menanggapi masalah ini, pihak manajemen Tous Les Jours pusat buka suara. Perusahan menyebut aturan pelarangan menulis hari raya agama selain Islam adalah aturan tidak resmi.

Berikut klarifikasi lengkapnya:

Sehubungan dengan beredamya video, foto dan/ atau informasi lainnya tentang “Peraturan Penulisan Ucapan Cake” yang terjadi di salah satu outlet kami, dengan ini manajemen TOUS les JOURS Indonesia menyampaikan beberapa hal sebagai berikut :

Larangan ucapan natal di Toko Roti. Foto: Istimewa

1. Bahwa terkait peraturan penulisan ucapan cake sebagaimana yang terlihat pada video, foto dan/ atau informasi lainnya yang sedang ramai beredar, bukan merupakan peraturan resmi yang dikeluarkan oleh manajemen kami;

2. Bahwa dalam menjalankan kegiatan usaha kami di Indonesia, kami sangat mengedepankan toleransi keberagaman suku, agama, ras, budaya dan/ atau antar golongan;

3. Kami mohon maaf sebesar-besarnya atas ketidaknyamanan yang terjadi dan kami sangat berterima kasih atas dukungan serta kepercayaan semua pihak kepada TOUS les JOURS selama ini. (*/Dry)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here