Ida Royani Meninggal Terbakar di Arab Saudi, ‘Penjualnya’ Ditangkap Polda NTB

Kombes Pol Artanto saat jumpa pers di Mako Polda NTB, Senin (20/1).

Indonesiainside.id, Mataram – Tim Ditreskrimum Polda Nusa Tenggara Barat (NTB) menangkap pelaku tindak pidana perdagangan orang. Pelaku berinisial HMS (50) ditangkap di rumahnya di Lingkungan Sengkerang, Kelurahan Sengkerang, Kecamatan Praya Timur, Kabupaten Lombok Tengah, pada 1 Oktober 2019 lalu.

Kabid Humas Polda NTB, Kombes Pol Artanto menerangkan pada 2018 lalu, HMS melakukan perekrutan dan melakukan pengiriman dengan cara memalsukan identitas korban Ida Royani (36). Korban dikirim ke Arab Saudi untuk dipekerjakan sebagai pembantu rumah tangga.

“HMS juga memberikan Uang Fit sebesar Rp5 Juta kepada korban. Dan uang itu salah satu cara pelaku membujuk korban agar mau ke Arab Saudi,” terang Kombes Pol Artanto, saat jumpa pers di Mako Polda NTB, Senin (20/1).

Artanto menambahkan, setelah bekerja di Arab Saudi, korban sempat menghububungi keluarganya dan bercerita tidak betah karena sering disiksa majikannya. Dan pada 20 Juni 2018, kos-kosan tempat tinggal korban di Naksa At Taqwa Mekkah terbakar.

“Korban sempat dibawa ke Rumah Sakit setempat. Namun, nyawa korban tidak dapat diselamatkan. Sementara, jenazah korban dimakamkan di Mekkah,” jelas Artanto

“Kasus ini terungkap setelah keluarga korban datang melaporkan kejadian tersebut. Karena jenazah korban tidak bisa dibawa pulang, dan asuransi ketenagakerjaan juga tidak bisa dicairkan,” sambungnya.

Terhadap pelaku HMS, kata Artanto, berkasnya sudah dinyatakan lengkap oleh kejaksaan. Dan pada hari ini akan dilakukan penyerahan tersangka dan barang bukti.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here