Akhirnya, Diumpan Kambing, Harimau Sumatera Masuk Perangkap di Muara Enim

Ilustrasi Harimau Sumatera.

Indonesiainside.id, Palembang — Seekor harimau Sumatera, masuk kotak perangkap atau box trap yang dipasang oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Sumatera Selatan. Hewan buas dilindungi itu diamankan tim satuan petugas (satgas) penyelamatan di wilayah perkebunan kopi penduduk di Desa Plakat, Kecamatan Semendo, Kabupaten Muara Enim.

Kepala BKSDA Provinsi Sumatera Selatan, Genman Suhefti Hasibuan, mengatakan, bahwa tim satgas telah mengamankan seekor harimau yang meresahkan warga setempat di wilayah Semendo. Dia menyebut, kini tim tengah mengecek ke lokasi tertangkapnya hewan liar itu.

“Ya, benar ada seekor harimau tertangkap box trap di wilayah Semendo. Tertangkapnya hari ini dan teman-teman sedang melakukan pengecekan,” ujar Genman saat dihubungi Indonesiainside.id di Palembang, Selasa (21/1).

“Kita pasang tiga box trap dan kamera jebakan kurang lebih 20 kamera untuk mengintai aktifitas harimau itu. Kalau umpannya, kita menggunakan seekor kambing setiap perangkap, bukan kancil,” ujar dia lagi.

Pihaknya mengklaim, bahwa harimau yang tertangkap perangkap itu aman. Namun, Genman enggan membeberkan keberadaan atau lokasi persisnya harimau itu tertangkap lantaran untuk menghindari emosi warga setempat.

“Itu kita lakukan karena untuk keselamatan harimau itu. Kita khawatir ada warga yang balas dendam. Pastinya harimau Sumatera yang tertangkap perangkap itu dalam kondisi baik dan aman,” ungkap dia.

Dia pun mendorong, TNI dan Polri agar turun tangan dalam mengawal keberadaan harimau Sumatera agar tak menjadi sasaran dari warga yang emosi. Sebab, pihaknya khawatir ada warga yang tak suka dengan keberadaan hewan buas dilindungi itu.

“Kita takut ada pihak-pihak yang tak senang dengan keberadaan satwa itu (harimau Sumatera). Misal melukai atau semacamnya. Kan satwa liar itu dilindungi,” tutur dia. (RAP)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here