Antisipasi Virus Corona, DPR Minta Pemerintah Tetapkan Travel Warning

Willy Aditya
Wakil Ketua Fraksi NasDem DPR, Willy Aditya. Foto: Antara

Indonesiainside.id, Jakarta – Penyebaran Virus Corona kian memprihatinkan. Komisi I DPR meminta pemerintah mengeluarkan peringatan atau travel warning bagi warga negara Indonesia ke Wuhan, Cina.

“Kalau ke Wuhan langsung, perlu. Tapi untuk daerah lainya tidak perlu,” kata Anggota Komisi I DPR, Willy Aditya, melalui pesan singkat di Jakarta, Ahad (Ahad (26/1).

Menurut Willy, Travel Warning hanya dikhususkan kepada WNI yang hendak bertolak ke Wuhan. Sementara, jika hendak ke daerah lain di Cina maka tidak masalah. Pemerintah hanya perlu memberikan imbauan agar tetap menjaga kondisi kebugaran tubuh.

“Jadi untuk Wuhan, saya kira travel warning perlu,” tutur dia.

Sementara, Anggota Komisi Kesehatan DPR, Anas Thahir, meminta Kementeen Kesehatan (Kemenkes) sigap mengantisipasi penyebaran virus Corona. Apalagi, virus tersebut sudah terkonfirmasi masuk ke sejumlah negara, termasuk negara ASEAN.

“Kami berharap Kementerian Kesehatan bekerja keras untuk mencegah dan mengantisipasi masuknya virus Corona ke Indonesia,” ucap Anas melalui keterangan resmi kepada wartawan.

Anas juga meminta Kemenkes bekerja sama dengan otoritas transportasi untuk mencegah penyebaran virus Corona secara efektif. Dengan demikan, orang yang masuk ke Indonesia bisa dipastikan tak terinfeksi virus mematikan itu.

Dia mengatakan, jika ada orang yang masuk ke Indonesia dan terjangkit virus maka Kemenkes harus mengarantina orang tersebut. Ini agar virus itu tidak menyebar ke orang lain.

“Sebab akan menyebabkan penularan kepada orang lain dan menyebar luas,” tutur Anas.

Dia juga meminta warga yang terdeteksi untuk kooperatif dengan instansi terkait untuk mencegah penularan virus tersebut.

“Ikuti semua intruksi dan arahan petugas, termasuk jika mereka harus dikarantina,” ujar dia. Ia yakin Kemenkes telah berpengalaman menangani penyebaran virus flu seperti itu. Sebab, Kemenkes pernah menangani wabah SARS beberapa tahun lalu.

“Di masa mendatang, potensi munculnya virus-virus baru, khususnya virus flu masih bisa terjadi. Oleh karena itu Kemenkes harus bisa meningkatkan kualitas layanan serta mengembangkan penelitian dan pengembangan (litbang) untuk mengantisipasi kemunculan virus baru,” tutur Anas. (*/Dry)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here