Dinasti Yasin Limpo Kuasai Sulsel, Publik Jangan Percaya Hasil Survei

Diskusi Pilitik Menuju Pilwalkot Makassar Rocky Gerung.

Indonesiainside.id, Makassar — Politik dinasti marak terjadi, apalagi jelang pemilihan kepala daerah tahun ini. Di Sulsel saja, ada 12 daerah yang akan menyelenggarakan Pilkada.

Pengamat politik dari Universitas Indonesia Rocky Gerung yang hadir pada diskusi di Hotel Four Point, Ahad (26/1/2020), meminta kepada publik untuk tidak percaya dengan hasil survei tentang elektabilitas bakal calon.

Kata Rocky, hasil survei yang biasa menyoal elektabilitas dan popularitas kandidat itu bisa dimanipulasi atau dibeli. Untuk itu Rocky  meminta kepada masyarakat, untuk melihat kandidat dari latar belakangnya dan dari track recordnya. “Untuk pilkada 2020, kita harus memilih pemimpin seperti yang saya sebutkan tadi,” katanya.

Kata dia, survei yang dibeli itu untuk menaikkan elektabilitas. Itu yang sering terjadi saat ini. Ada calon pemimpin menampilkan diri, cantik dan manis saat membagi amplop, tapi hatinya ada niat merampok APBD.

Diskusi yang bertemakan “Bersaing dengan Pikiran Menuju Pilwalkot Makassar,” dikemas sangat sederhana dan dilaksanakan oleh alumni mahasiswa Yogyakarta.

Dalam diskusi ini, Ricky juga menyinggung soal politik dinasti yang marak terjadi di seluruh daerah di Indonesia. Menurutnya, politik dinasti itu hanya ada di masa lampau.

“Jangan manipulasi rakyat dengan kedinastian. Kita ukur orang dengan kemampuan berfikir, dan kecerdasan akal,” katanya.

Untuk saat ini politik dinasti di Sulsel masih kental dengan klan Yasin Limpo. Dua adik menteri pertanian Syahrul Yasin Limpo bersaing berebut rekomendasi partai untuk maju di Pilwalkot Makassar, Irman Yasin Limpo dan Haris Yasin Limpo.

Selain Irman dan Haris, di Kabupaten Gowa, ada ponakan Mentan, Adnan Purichta Yasin Limpo kembali maju di Pilkada 2020 untuk kali kedua. Sedangkan di Kabupaten Maros, juga ada ponakan Mentan anak dari Tenri Angka Yasin Limpo yang digadang –  gadang maju di Pilkada nanti, yaitu Devo Kadaffi.

Kakak kandung Mentan, Tenri Olle Yasin Limpo,  juga dikabarkan maju di pilbup Takalar.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here