BPJS Kesehatan Bantu 454 Ribu Penerima Sebesar Rp229 Miliar

Ilustrasi penerima bantuan iuran BPJS Kesehatan di Sumatra Selatan.

Indonesiainside.id, Palembang — Anggaran bantuan iuran Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) untuk 454.310 penerima di Sumatra Selatan mencapai Rp229 miliar. Gubernur Sumatra Selatan, Herman Deru, membenarkan hal itu.

“Pemerintah provinsi telah mengalokasikan dana sebesar Rp229 miliar. Ini bukan sesuatu yang main-main, jadi bagi warga yang mampu membayar sendiri jangan ambil yang punya orang tidak mampu,” ujar dia di Palembang, Jumat (14/2).

Menurut dia, Penerima Bantuan Iuran (PBI) itu adalah orang-orang dengan kategori tidak mampu dan datanya berada di dinas sosial provinsi setempat. Dia menyebut, pada 2020 ada sekitar 454.310 penerima di wilayahnya yang mendapat bantuan iuran dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

“Bagi masyarakat yang layak menerima bantuan itu kita cover full. Kita tidak peduli dia (penerima bantuan iuran BPJS Kesehatan) dari desa mana, dari kecamatan apa, terpenting dia adalah warga Sumatra Selatan,” jelasnya.

Pihaknya mengimbau kepada dinas sosial setempat agar penerima bantuan iuran pada 2020 itu harus tepat sasaran. Artinya, kata dia, harus diberikan kepada orang yang sangat membutuhkan.

“Jadi, kunci besarnya adalah verifikasi dan validasi data. Kita akan segera instruksikan bupati dan wali kota untuk melakukan verifikasi dan validasi data sasaran penerima bantuan iuran itu,” ungkap dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatra Selatan, Lesty Nurainy, menambahkan bahwa jaminan kesehatan masyarakat itu merupakan salah satu upaya untuk menjamin agar seluruh masyarakat dapat mengakses pelayanan kesehatan. Menurutnya, dimana pun berada tanpa ada kendala finansial.

Ia pun mengungkapkan, tentu itu harus diimbangi dengan pelayanan kesehatan yang berkualitas dengan akses dan sesuai prosedur yang mudah. Dia menilai, dimana tuntutan masyarakat setelah memiliki jaminan kesehatan itu yakni kemudahan memperoleh pelayanan kesehatan dimana pun berada.

“Itulah yang dimaksud dengan Universal Health Coverage (UHC). Upaya lainnya yang penting mewujudkan seluruh masyarakat sehat adalah kesadaran untuk menerapkan perilaku hidup sehat,” tutur dia. (RAP)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here