Manokwari Diguncang Gempa Tektonik 3,6 Magnitudo

Gempa bumi tektonik berkekuatan magnitudo 3,6 mengguncang Kabupaten Manokwari, Papua Barat, Jumat (14/2) malam. Gempa yang terjadi pukul 21:25 WIT, tidak berpotensi tsunami.

Indonesiainside.id, Manokwari – Gempa bumi tektonik berkekuatan magnitudo 3,6 mengguncang Kabupaten Manokwari, Papua Barat, Jumat (14/2) malam. Gempa yang terjadi pukul 21:25 WIT, tidak berpotensi tsunami.

Berdasarkan analisis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa bumi terletak pada koordinat 1,66 Lintang Selatan dan 134,15 Bujur Timur dengan kedalaman 10 kilometer. Pusat gempa berlokasi di darat pada jarak 16 km arah Barat Daya Ransiki, Papua Barat.

Kepala Balai Besar BMKG Wilayah V Jayapura, Petrus Demon Sili dalam siaran persnya yang diterima Indonesiainside.id, Jumat malam, menyebutkan gempa magnitudo 3,6 yang mengguncang Manokwari tidak berpotensi tsunami.

“Guncangan gempabumi ini dirasakan di Ransiki II MMI (getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang),” terang Petrus

Menurut Petrus, gempa bumi ini merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktifitas sesar Ransiki. Dia menyatakan belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut.
“Hasil monitoring BMKG pukul 22.40 WIT, menunjukkan tidak ada aktivitas gempabumi susulan (aftershock),” katanya.
Dia mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya. Petrus menganjurkan masyarakat menghindari bangunan yang retak atau rusak akibat gempa.
“Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, atau pun tidak ada kerusakan yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah,” pesan dia. (PS)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here