Palembang Segera Atur Jam Pembuangan Sampah

Ilustrasi buang sampah sembarangan.

Indonesiainside.id, Palembang — Pemerintah Kota Palembang segera mengeluarkan aturan terkait batasan waktu untuk membuang sampah di wilayahnya. Wali Kota Palembang, Harnojoyo, mengatakan, rencana itu tak terlepas untuk menyelesaikan persoalan sampah yang menjadi pekerjaan rumah (PR) bagi pemerintah kota setempat.

Karena itu, pihaknya tengah menggodok Peraturan Wali Kota (Perwali) Nomor 52 terkait jam pembuangan sampah. Dia menyebut, jam pembuangan segera diatur dan pengangkutan akan dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) kota setempat.

“Perwali itu akan ada aturan terkait jam pembuangan sampah itu. Ke depan jangan sampai masyarakat sebebasnya membuang sampah,” ujar dia di Palembang, Jumat (14/2).

“Kita akan batasi pukul 06.00 WIB. Selebihnya tidak boleh ada kegiatan membuang sampah, begitu pun untuk proses pengangkutan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA),” ujar dia lagi.

Menurutnya, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) kota setempat harus mengawasi dengan optimal. Sebab, kata dia, sebenarnya bukan tindakan hukum yang diharap melainkan lebih kesadaran masyarakat dalam membuang sampah.

“Makanya Satpol PP harus aktif melakukan sosialisasi terkait larangan membuang sampah sembarangan di Kota Palembang. Apalagi Satpol PP dan Pengadilan Negeri Palembang sudah menjalin kerja sama untuk penanganan masalah hukum,” ungkap dia.

“Jadi melalui optimalisasi penegakkan peraturan daerah itu bisa membantu menyelesaikan persoalan sampah yang terjadi selama ini. Karena selama ini memang belum ada tindakan tegas terkait aturan itu,” tambah dia. (RAP)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here