Video Aksinya Viral, Jambret Sadis di Pekanbaru Ini Tak Berkutik Dibekuk Polisi

Jambret ilustrasi

Indonesiainside.id, Pekanbaru – Seorang pelaku jambret di Kota Pekanbaru bernama Danil (18), tak berkutik saat dibekuk polisi. Dia ditangkap setelah aksinya saat menjambret tas seorang wanita di Jalan Cempaka, Kecamatan Sukajadi, Kota Pekanbaru pada 9 Desember 2019 lalu, viral di media sosial.

Kabid Humas Polda Riau, Kombes Pol Sunarto mengungkapkan, pelaku berhasil dibekuk setelah tim Satreskrim Polresta Pekanbaru mendalami rekaman CCTV yang viral, saat pelaku tengah beraksi. Dari rekaman tersebut, diketahui pelaku melakukan aksi penjambretan bersama dengan rekannya.

“Usaha keras polisi mengungkap aksi jambret sadis tersebut tak terlepas dari bukti rekaman CCTV di lokasi kejadian, Jalan Cempaka, Sukajadi. Rekaman aksi jambret tersebut hingga tarik-menarik dan korban terpental ke aspal, kemudian viral,” ungkap Sunarto kepada Indonesiainside.id, Jumat (12/2).

Dalam aksi tersebut, Sunarto mengatakan, pelaku berperan sebagai eksekutor. Dari rekaman CCTV, diketahui bahwa korban penjambretan semoat tak sadarkan diri karena terjatuh ke aspal.

“Tas korban ditarik pejambret tersebut, walau sempat mempertahankannya. Namun, usaha itu tak berhasil. Korban tak kuat menahan tarikan pelaku dari atas sepeda motor. Korban terjatuh ke aspal, dan tidak sadarkan diri,” bebernya.

Berdasarkan dari rekaman CCTV tersebut, kepolisian akhirnya berhasil menangkap pelaku pada Ahad (19/1) lalu. “Sedangkan temannya, Deni Cemeng (17) saat ini masih DPO,” katanya.

“Saat ditangkap, pelaku mengakui aksi jambretnya sebagai eksekutor, seperti terekam di dalam video yang viral tersebut. Kita juga berhasil mengamankan barang bukti, yang ternyata sudah dijual ke penadah di Bukittinggi, Sumatera Barat, berupa satu unit handphone,” tambah Sunarto.

Saat ini pelaku telah diamankan di Mapolresta Pekanbaru untuk proses hukum lebih lanjut. Pelaku disangkakan pasal 365 ayat 1 KUHP, dengan ancaman hukuman 9 tahun penjara.

“Aksi jambret, pelaku menjadi atensi Kapolda Riau. Alhamdulillah, usaha keras tim di lapangan guna mengungkap pelaku jambret sadis ini berbuah hasil. Penangkapan ini adalah komitmen Polda Riau memberantas kejahatan jalanan alias jambret yang selama ini meresahkan masyarakat,” ujarnya. (Bayu)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here