Ini Warga Ngawur, Curi Pagar Pembatas dan Pengaman Tol Kayuagung-Palembang

Ruas jalan tol Kayuagung-Palembang.

Indonesiainside.id, Palembang — Sejumlah fasilitas di jalan tol Kayuagung-Palembang dirusak hingga dicuri oleh oknum warga setempat. Kepala Proyek Tol Seksi I Ruas Kayuagung-Palembang, Gunawan, membenarkan hal itu.

“Belum lama itu tiang guard rail (pagar pembatas) ada 15 unit yang hilang, lalu bertambah dengan total mencapai 20 unit. Kejadiannya itu terjadi di STA 25,” ujar dia di Palembang, Rabu (11/3).

“Ya, kita sudah melaporkan hal itu ke polsek setempat. Kita juga akan segera meneruskan ke Polres Ogan Komering Ilir (OKI),” tambah dia.

Bukan itu saja, kata dia, pagar panel pembatas seperti di area Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) pun ada yang dirusak oleh pihak-pihak tidak bertanggung jawab. Dia menyebut, kondisi itu tentu harus dilakukan perbaikan kembali sebelum dilakukan peresmian.

“Karena itu kami minta kepada warga jangan melakukan perusakan lagi. Apalagi kan itu merupakan fasilitas umum milik negara,” kata dia.

Ia menjelaskan, bahwa kerugian dari beberapa fasilitas umum yang dicuri itu mencapai Rp50 juta. Kendati tidak terlalu besar kerugiannya, menurutnya kondisi itu cukup mengganggu aktifitas pengerjaan.

“Ya, kita harus melakukan pengadaan ulang barang dan melakukan pengerjaan kembali. Itu tentunya menyita cukup banyak waktu,” jelasnya.

Dia pun menambahkan, pagar pembatas dan pengaman itu mempunyai fungsi yang sangat vital. Ia menilai, fasilitas itu merupakan penahan ketika mobil akan keluar jalur tol. “Sebab kalau tidak ada besi-besi itu dikhawatirkannya terjadi hal yang tidak diinginkan. Bisa berakibat fatal pada saat kendaraan melintas,” ungkap dia.

Pihaknya mengungkapkan, progres pengerjaan fisik jalan tol Kayuagung-Palembang itu sudah hampir rampung atau selesai. Namun, lanjut dia, saat ini masih ada beberapa pengerjaan yang tengah dikebut.

“Kita terus kebut pengerjaannya seperti pemasangan jembatan Ogan (penghubung tol Palembang-Betung). Sementara untuk /exit/ tol kita menyiapkan tiga /gate temporary/ yang siap digunakan pada saat setelah diresmikan nanti,” ujar dia.

“Kita pastikan du pekan sebelum lebaran tahun ini, tol itu sudah dapat fingsional. Nantinya juga akan digratiskan selama sebulan selama masa sosialisasi,” tutur dia. (RAP)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here