Gubernur Sulsel: Cegah Penularan Virus Corona, Hindari Jabat Tangan

Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah, saat memimpin rapat koordinasi pencegahan dan kewaspadaan Covid-19

Indonesiainside.id, Makassar – Untuk kesekian kalinya Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah, mengingatkan masyarakat Sulsel untuk mencegah dan tetap waspada terhadap virus corona. Virus tersebut dinilainya bukan hal yang biasa sebab penybarannya sangat cepat.

Karena itu, dia mengimbau kepada seluruh warga agar menghindari jabat tangan. “Jabat tangan merupakan budaya kita, tetapi, untuk menghindari efek besar maka tolong dihindari,” katanya, saat memimpun rapat koordinasi pencegahan dan kewaspadaan di Baruga Pattingalloang, Jumat (13/3/2020).

Lebih lanjut, mantan Bupati Bantaeng dua periode ini mengatakan, pemerintah provinsi telah berkomitmen mencegah virus Covid-19 dan Demam Berdarah Dengue (DBD). Menurut Nurdin, virus ini bisa terjangkit hanya dengan bersentuhan fisik, terutama bagian wajah dan telapak tangan.

Dosen Fakultas Kehutanan Unhas ini, juga mengingatkan seluruh stakeholder agar memperhatikan dan mencegah penyakit DBD, yang saat ini marak terjadi. “Siapa tahu, kita fokus ke virus corona, penyakit lain terabaikan,” katanya.

Menurut gubernur,  para pakar kesehatan telah memberikan rekomendasi agar membatasi sentuhan fisik demi mengurangi resiko tertular. Selain itu, ia juga mengimbau agar masyarakat selalu menggunakan anti septik cair. Terutama setelah dari toilet, selasai makan, dan menyentuh apapun di tempat umum.

Lebih lanjut, Nurdin Abdullah berharap Angkasa Pura menyediakan alat pendeteksi suhu atau sejenisnya yang lebih canggih lagi, untuk mencegah masuknya virus Corona di bandara, pelabuhan, dan terminal bus.

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here