Jangan Panik, Kota Samarinda Masih Aman dari Pasien Virus Corona

Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kota Samarinda, dr Ismet Kosasih (kanan) didampingi Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian, mengatakan Samarinda bebas dari pasien virus Corona atau Covid-19

Indonesiainside.id, Samarinda – Sejak Kamis malam, telah beredar “peta” sebaran pasien suspect virus Corona atau Covid-19 di Kota Samarinda, Kalimantan Timur. Namun, hal tersebut dibantah oleh Dinas Kesehatan Kota Samarinda yang menyebutkan bahwa hingga Jumat (13/3) malam, Kota Samarinda masih terbebas dari virus mematikan tersebut.

Walau demikian, Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Kesehatan Kota Samarinda, dr Ismet Kosasih mengakui pernah menerima laporan dugaan terkena virus corona pada 30 orang.

“Sejak 1 Februari hingga 14 Februari kita terima 30 laporan. Setelah ditindaklanjuti dengan mendatangi setiap rumah, ternyata kita pantau sebanyak 15 orang. Namun, setelah kita periksa swap di laboratorium di Jakarta, hasilnya kita dapat dalam waktu 1×24 jam, semuanya negative virus corona,” tegasnya, Jumat siang (13/3).

Didampingi Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Dinkes Samarinda, dr Osa, dijelaskan Ismet bahwa saat ini ada delapan orang yang masuk dalam pemantauan. Maksud pemantauan disini adalah, berada di bawah pengawasan Dinas Kesehatan Kota Samarinda.

“Jadi kita terus pantau ada delapan orang. Tidak dirawat di rumah sakit apalagi diisolasi. Jadi jangan salah persepsi. Hanya dipantau. Kalau (keadaannya) memburuk kita tingkatkan dalam pengawasan. Artinya, kita rontgen dan cek swap-nya,” jelasnya.

Gegernya “peta” info grafis yang dibuat oleh Diskominfo Kaltim, adalah info grafis dari data 1 Februari hingga 14 Februari. Info ini masuk sebagian dari hotline telepon 122 milik Diskominfo Samarinda.

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here