Lakukan Patroli, BBKSDA Hancurkan 10 Pondok Pembalak Liar di Hutan Giam Siak Kecil

Tim BBKSDA memusnahkan pondok pembalak liar di kawasan konservasi Suaka Margasatwa Giam Siak Kecil.

Indonesiainside.id, Pekanbaru – Sebanyak 10 pondok yang diduga merupakan milik para pembalak liar ditemukan di kawasan konservasi Suaka Margasatwa Giam Siak Kecil, Riau. 10 pondok itu ditemukan oleh tim Wilayah 2 Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau yang tengah melakukan patroli hutan.

Kepala Bidang Wilayah 2 BBKSDA Riau, Heru Sutmantoro, kepada Indonesiainside.id, Jumat (13/3), mengatakan pondok-pondok tersebut ditemukan setelah tim mendapati dua sepeda motor yang telah dimodifikasi untuk mengangkut kayu di Desa Tuah Indrapura. Dari temuan tersebut, tim melakukan penelusuran ke dalam hutan dengan mengikuti jejak sepeda motor tersebut.

“Tim melanjutkan perjalanan ke kawasan SM Giam Siak Kecil melalui akses PT BKM. Di lokasi, tim menemukan akses ilegal logging berupa jalur sepeda motor. Setelah dilakukan penelusuran jalur tersebut sejauh 19 km, tim menemukan kamp pelaku pembalakan liar sebanyak 10 pondok di lokasi yang berbeda,” terang Heru.

Heru mengatakan, pihaknya juga menemukan sekitar 10 kubik kayu hasil jarahan yang telah diolah di sekitar pondok tersebut. Kayu-kayu tersebut tampak sudah siap diangkut ke luar hutan. “Ada juga 12 sepeda cargo atau angkut kayu olahan dan satu chainsaw. Sedangkan para pelaku pembalakan liar sudah melarikan diri,” katanya.

Sesuai peraturan, tim kemudian memusnahkan kayu olahan yang ditemukan tersebut serta membakar pondok. Ini dilakukan agar para pelaku tidak kembali ke lokasi dan melakukan pembalakan liar kembali.

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here