Pemerintah Dinilai Gagal, Anggota DPR Ajak Rakyat Ikhtiar Mandiri Tangani Covid-19

Ilustrasi mudik. foto: Antara

Indonesiainside.id, Jakarta – Pemerintah dinilai gagal menangani Covid-19 di Tanah Air. Banyak faktor yang menjadi indikator kegagalan pemerintah selain peningkatan kasus yang terus menanjak.

Anggota Komisi Kesehatan DPR, Kurniasih Mufidayati, mengajak rakyat melakukan ikhtiar mandiri untuk menangani dan memerangi Covid-19 dengan tertib serta menjalankan protokol kesehatan. Ikhtiar mandiri diperlukan karena dia menilai pemerintah sudah tidak jelas dalam mengendalikan pandemi tersebut.

“Upaya kendalikan Covid-19 semakin tak jelas. Pemerintah belum memperlihatkan langkah yang terarah, konsisten, dan jelas dalam mengatasi penularan Covid-19 berikut dampak yang menyertainya di bernagai sektor. Tak ada jalan lain bagi masyarakat kecuali mengandalkan ikhtiar mandiri,” kata Mufidadi Jakarta, Ahad (24/5).

Menurut Mufida, ketidakjelasan pemerintah salah satunya terlihat melalui kebijakan mudik atau pulang kampung jelang hari raya Idul Fitri 1441 Hijriah. Pemerintah melarang mudik tapi membolehkan transportasi beroperasi. Kebijakan berlawanan itu pun memunculkan ragam masalah.

Politikus PKS itu tak sepakat dengan wacana pemerintah pusat melonggarkan aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Sebab, pemerintah daerah berupaya ekstra untuk menyelamatkan masyarakat dari penyebaran Covid-19.

“Meski dengan syarat memenuhi protokol kesehatan, tapi fakta di lapangan memperlihatkan protokol itu diabaikan. Lihat saja ramainya bandara dan pelabuhan penyeberangan, belum lagi soal surat kesehatan palsu,” ujar dia. (Aza)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here