Polisi Dalami Keterangan Saksi terkait Bom Menteng

Sebuah mobil parkir di Jalan Adiwinata, Menteng, menjadi sasaran pelemparan benda yang menyebabkan ban sebelah kiri kempes. (ANTARA/HO-Dokumentasi Bongga Wangga)

Indonesiainside.id, Jakarta – Kepolisian Daerah (Polda) Metro Jaya bersama tim penyidik terus melakukan pemeriksaan beberapa saksi dan pemilik mobil terkait ledakan di Jalan Yusuf Adiwinata, Menteng, Jakarta Pusat. Dari hasil pemeriksaan tersebut, nantinya dapat disimpulkan apakah ada motif masalah pribadi antara terduga pelaku dengan pemilik mobil.

“Kami sudah periksa beberapa saksi untuk mengidentifikasi pelakunya, perkembangan selanjutnya nanti kami sampaikan ya,” kata Yusri di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (6/7).

Lebih lanjut, Yusri menyampaikan agar masyarakat tak perlu takut pascakejadian tersebut. Sebab, ledakannya berdaya rendah dan tidak ada keterkaitan dengan kelompok atau jaringan teroris.

“Masyarakat kami harapkan tidak usah resah ya, ini (ledakan) menyerupai petasan, karena low explosive,” ujarnya.

Sebelumnya, ledakan terdengar dari sebuah mobil yang terparkir di Jalan Adiwinata, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu sore sekitar pukul 15.00 WIB. Ledakan tersebut diduga bom rakitan yang dilempar pengendara sepeda motor yang tidak dikenal ke arah mobil itu.

Polres Metro Jakarta Pusat masih menunggu hasil Laboratorium Forensik (Labfor) Polri terkait ledakan tersebut.
“Untuk hasil TKP kita tetap akan menunggu dari laboratorium forensik, mungkin besok akan keluar,” ujar Heru.

Saat ini, lokasi terdengarnya ledakan tersebut sudah bersih dan dibuka kembali. Dampak ledakan itu juga kecil sehingga tidak ada korban melainkan hanya kerugian ban Pajero sebelah kiri kempes.

Ledakan tersebut berdaya rendah dengan radius sekitar 50-100 meter. Dugaan sementara peledak itu diletakkan di bawah mobil. Namun beberapa saksi mengatakan benda tersebut dilempar oleh orang tak dikenal yang sedang berboncengan.

Bahan-bahan diduga peledak di lokasi kejadian seperti puing plastik dan baterai telah diamankan dan dibawa oleh petugas Labfor Polri. Polisi juga masih meminta keterangan saksi di lokasi kejadian, pemilik mobil, serta memeriksa kamera pengintai tersembunyi. (SD)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here