Jokowi Masih Punya Kesempatan Terbitkan Perppu KPK

Yudi Purnomo Harahap
Ketua Wadah Pegawai KPK Yudi Purnomo Harahap. Foto: Antara

Indonesiainside.id, Jakarta – Ketua Wadah Pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (WP KPK), Yudi Purnomo menyebut masih ada kesempatan bagi Presiden Joko Widodo menerbitkan Peraturan Pengganti UU KPK. Sebab saat ini aturan baru belum berlaku penuh.

“Bahwa revisi UU KPK terutama terkait kewenangan KPK akan berlaku penuh pada tanggal 21 Desember 2019 nanti. Sehingga masih ada waktu bagi Bapak Presiden untuk mengeluarkan perpu,” kata Yudi, Kamis (14/11).

Yudi percaya Jokowi akan bijaksana memimpin negeri. Termasuk dalam memperbaiki iklim investasi melalui pemberantasan korupsi.

Dia melihat, KPK saat ini sedang dilemahkan oleh aturan baru. Sementara jaminan iklim investasi hanya bisa didapat ketika tak ada koruptor.

“Kami percaya bahwa Presiden akan mengeluarkan perpu apalagi dalam pidato beliau dibeberapa kesempatan menyampaikan akan mengandalkan KPK dalam memberantas korupsi di negeri ini,” kata Yudi.

UU KPK akan berlaku penuh Desember nanti, ketika pimpinan KPK yang baru, dilantik. Sementara hasil kajian tim transisi lembaga antirasuah membeberkan bahwa UU Nomor 19 tahun 2019 melemahkan kinerja.

Sebab ada 26 poin yang melemahkan lembaga antirasuah. Misalnya terkait Dewan Pengawas yang punya kewenangan dan fungsi seperti komisioner. (Aza)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here