Menanti Titik Terang Penyelesaian Kasus Novel Baswedan

Choirul Anam
Komisioner Komnas HAM, Choirul Anam. Foto: Anisa Tri K/Indonesiainside.id

Indonesiainside.id, Jakarta – Upaya Komnas HAM untuk melakukan penyelesaian kasus Novel Baswedan diimplementasikan pemerintah dengan pembentukan tim gabung pencari fakta (TGPF). Namun, hingga hari ini, masih belum ditemukan fakta aktual yang bisa memberikan titik terang terkait kasus ini.

Menindaklanjuti aduan pengacara Novel beberapa waktu lalu, Komisioner Komnas HAM, Choirul Anam, mengaku pihaknya tengah berupaya melanjutkan penyelesaian kasus ini. “Kalau bisa minggu ini sudah dikirimkan (berkas kasus), menanyakan tim (TGPF) sudah sejauh mana kasusnya, menanyakan presiden sejauh mana mekanisme pengawasannya, menanyakan KPK bagaimana obstruction of source nya,” jelas Anam di kantor Komnas HAM, Senin (9/12).

Menurutnya, jika akuntabilitas informasinm kasus ini lebih terbuka, akan memudahkan penyelesaian. “Siapapun pelakunya di umumin di publik, siapapun pelakunya diuji di pengadilan, itu akan lebih fair,” ujarnya

Anam berpendapat, yang paling penting saat ini adalah mempertanyakan pengawasan presiden. Mengingat sudah ada Kabareskrim dan Kapolri baru. “Katanya mau ada harapan ya kita tunggu. Tapi yang paling penting adalah soal substansinya soal pengawasan presiden,” lanjutnya.

Ia berpendapat, jika substansial penyelesaian kasus ini sudah sesuai dengan rekomendasi dari Komnas HAM. Yakni pengawasan kasus diserahkan kepada Presiden, pelaksanaan dan penyelesaiannya diserahkan kepada Kapolri. (PS)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here