Tersangka Kasus Jiwasraya Akan Diperiksa Kembali Pekan Depan

Agung Hari Setiyono
Kapuspenkum Kejaksaan Agung Hari Setiyono saat memberikan keterangan kepada wartawan di Gedung Bundar Jampidsus Kejagung, Kebayoran, Jakarta, Kamis (23/1). Foto: Ahmad ZR/Indonesiainside.id.

Indonesiainside.id, Jakarta – Kejaksaan Agung (Kejagung) menjadwalkan pemeriksaan lima tersangka kasus dugaan korupsi PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Hingga kini, penyidik Kejagung masih mengumpulkan bahan keterangan dari para saksi.

“Kami tentu punya strategi, setelah didapat dari para saksi cukup signifikan, nanti menganjak pada keterangan para tersangka. Sehingga strategi yang dilakukan penyidik akan lebih mantap lagi,” kata Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung, Hari Setiyono di Gedung Bundar Jampidsus, Jakarta, Jumat (24/1).

Dari keterangan para saksi tersebut, penyidik lebih siap memeriksa para tersangka. Dia menargetkan pekan depan pemeriksaan tersangka akan dilakukan.

“Saya akan konfirmasi dengan tim penyidk untuk menyampaikan. Pada saatnya pemeriksaan tersangka akan saya sampaikan,” katanya.

Hari menjelaskan, kelima tersangka ini merupakan bagian dari 13 orang yang dicekal ke luar negeri. Dari lima orang yang ditetapkan tersangka, penyidik tinggal menunggu alat bukti yang cukup untuk menetapkan tersangka berikutnya.

“Saya pikir penyidik punya strategi kira-kira kapan saat yang tepat, kalau banyak tersangka tapi asetnya gak kembali kan susah juga,” ujarnya.

Penyidik terus menggali siapa saja yang ditempati atau dititipkan aset-aset para tersangka. “Kalau memang yang 13 tadi ditemukan bukti permulaan yang cukup, nanti penyidik (tentunya) menemukan,” kata Hari.

Sebelumnya, Kejagung menetapkan lima tersangka kasus dugaan tindak pidana korupsi dalam pengelolaan keuangan dan dana investasi PT Asuransi Jiwasraya. Tiga tersangka merupakan mantan petinggi Jiwasraya.

Mereka adalah mantan Direktur Keuangan PT Asuransi Jiwasraya Harry Prasetyo, mantan Dirut Jiwasraya Hendrisman Rahim, dan mantan Kepala Divisi Investasi dan Keuangan Jiwasraya Syahmirwan. Presiden Komisaris PT Trada Alam Minera Tbk (TRAM) Heru Hidayat dan Komisaris PT Hanson International Tbk Benny Tjokrosaputro juga jadi tersangka dalam kasus tersebut.

Adapun lokasi penahanan kelima tersangka tersebut, yaitu Hary Prasetyo di Rutan Salemba Cabang Kejari Jaksel, Hendrisman Rahim di Rutan Guntur, Syahmirwan di Rutan Cipinang, Heru Hidayat di Rutan Salemba Cabang Kejagung, dan Benny Tjokro di Rutan KPK. (Aza)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here