Lindungi Napi dari Covid-19, Rutan dan Lapas di Riau Disemprot Disinfektan

Ilustrasi lapas.

Indonesiainside.id, Pekanbaru – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Riau melakukan penyemprotan cairan disinfektan ke seluruh rumah tahanan (rutan) dan lembaga pemasyarakatan (lapas) yang ada di Riau. Ini dilakukan untuk mencegah narapidana dan tahanan terinfeksi virus corona atau covid-19.

“Ini merupakan salah satu kolaborasi kita dengan instansi terkait, baik itu dengan dinas kesehatan, maupun dengan TNI, untuk melakukan penyemprotan disinfektan. Ini sebagai salah satu bentuk antisipasi terhadap masuknya virus covid-19 atau corona ini ke dalam lapas atau rutan,” kata Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Riau, Lucky Agung Binarto, saat melakukan penyemprotan disinfektan di Rutan Sialang Bungkuk Pekanbaru, Kamis (19/3).

Lucky mengatakan, covid-19 menjadi perhatian khusus bagi Kemenkumham Riau. Dia menyebutkan, apabila covid-19 menjangkiti satu warga binaan, potensi menular ke warga binaan lain akan sangat besar dan tentu berbahaya.

“Kita benar-benar proteksi seluruh lapas dan rutan ini agar bisa steril dari kuman-kuman ataupun virus. Seperti di rutan ini, ada 1.900 orang, kita tidak bisa bayangkan jika jumlah itu bisa terpapar satu virus yang sangat berbahaya,” ujarnya.

“Untuk seluruh Riau, jumlah narapidana dan tahanan ada sekitar 12.000 orang. Dan itu jumlahnya dinamis, karena ada tahanan yang keluar dan masuk sesuai dengan proses peradilan yang dijalani,” tambahnya.

Selian melakukan penyemprotan disinfektan, Lucky menyebutkan, pihaknya juga melakukan sosialisasi terkait bahayanya covid-19. “Selain penyemprotan, kita juga lakukan sosialisasi kepada warga binaan terkait pentingnya hidup sehat. Kita juga sediakan cairan pembersih tangan,” pungkasnya. (Bayu)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here